Gaya
Bahasa
Iklan
Garnier Sakura White
Isi percakapan:
A:”wah festival sakura, foto yuk!”.
B:”kulit kamu cantik , putih merona. Kulit kusamku
bisa ga yah?”.
A:”bisa dong kan ada garnier sakura white..”.
Baru!
Garnier sakura white cream SPF21 dengan ekstrak sakura dan vitamin B3cerahkan
kulit kusam hingga kedalam, tampak putih cerah merona hingga 60%
B:”kulit kusamku bisa tampak putih merona juga kan
..”.
Jutaan
telah memilih garnier sakura white.
Penggunaan bahasa pada iklan tersebut menurut saya
adalah menggunakan bahasa yang baku tetapi ada unsur bahasa masa kini yang jika
digabungkan menghasilkan kalimat yang sesuai dan mudah dipahami oleh berbagai
kalangan, dan juga kelebihan pada produk itupun di jelaskan secara rinci ,
jelas dan singkat. Hingga tidak perlu waktu berulang kali untuk memahami iklan
tersebut.
Iklan
susu Frisian Flag
Anak:”waahhhhh”.(si anak melihat bunglon dihalaman)
Ibu:”itu bunglon, berubah warna untuk sembunyi”.
Diusia
jelajahnya beri dia Frisian Flag jelajah suprima
Ayah:”ade mana yah?”.
Ibu:”ade mana yah..”.
(kemudian sang anak bersembunyi dengan selimut motif
bunga agar tersamar dengan dinding disekitarnya)
Ayah:”ga ada , ga keliatan.. adeee…”.
Anak:”waaaa”.(berteriak untuk mengagetkan si ayah).
Ibu:”wah sembunyi kaya bunglon yah? Wah pintarnya “.
Frisian
Flag jelajah, nutrisi sesuai untuk momen jelajah wow
Bahasa yang digunakan pada iklan tersebut adalah
atraktif dengan penyampaian yang sangat muah dipahami oleh si anak kecil. Dengan
objek seperti bunglon tadi si ibu menyampaikan ilmu dengan mudah di mengerti
oleh anak seusia itu. Dan si anak pun akan mudah menerapkannya.
Iklan
Pop Mie Kari susu & Kari keju
A:”I love you and I am broken down.. I miissiooo”.
B:”woy
maksud lo I miss you? Makan keju sama susu gih biar lidah lo inggris dikit.”
A:”oiya ka nada yang baru , Pop Mie Kari keju &
Pop Mie Kari Susu.”
mixnya seru.. pasti bikin puaasss…
B:”hits banget nih.”
A:”of course good delicious.”
B:”sok inggris lo… hahaha.”
Pada iklan diatas gaya bahasa yang digunakan sangat
berbeda dari yang diatas, bedanya adalah dar penggunaan bahasa yang lebih modern,
iklan ini ditujukan untuk kalangan remaja dan anak muda pada umumnya yang sedang
beranjak dewasa dengan bahasa dan penyampaian seperti itu. Sedangkan penggunaan
gaya bahasa atau majas pada iklan tersebut terdapat pada kalimat yang dibold. Pada
bagian itu terdapat majas sindiran lebih tepatnya Sarkasme, walaupun pada kalimat tersebut maksud si B hanya bercanda
tetapi tetap saja bahasa yang digunakan cukup kasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar